2 Mei 2012

Kelebihan dan Kekurangan Acer Iconia A500

Kelebihan dan kekurangan acer Iconia A500 - Review berdasarkan pengalaman satu bulan menggunakan tablet ini.

Setelah cukup lama berpikir dan membandingkan beberapa tablet seperti Samsung Galaxy tab 10", Asus Eeepad Transformer, Sony S, Toshiba Thrive dan Acer Iconia A500, akhirnya saya memutuskan untuk membeli tablet Acer Iconia A500 walaupun sebenarnya saat duduk di depan kasir masih ada keraguan untuk menyerahkan seluruh isi dompet.

Tablet Acer Iconia A500 merupakan tablet pertama acer yang launching di Indonesia dengan menggunakan sistem operasi Android Honeycomb 3.0 yang pada saat itu merupakan Android teranyar. Tablet ini dilengkapi beberapa fitur-fitur unggulan yang tentunya dapat menyaingi beberapa tablet merek-merek lain. Berikut adalah spesifikasi tablet Acer Iconia A500.
  • Ukuran: 0,5x10,2x7 inci
  • Berat: 1,7 pound
  • OS: Android 3.0 Honeycomb
  • Processor: NVIDIA Tegra 2
  • Memori RAM: 1 GB
  • Layar: 10,1" LCD Capacitive Touchscreen
  • Resolusi layar: 1280x800 pixel
  • Kamera: 5 MP belakang dan 2 MP depan
  • Media Penyimpanan internal: 16GB/32GB
  • Media Penyimpanan luar: microSD sampai 64 GB
  • Kartu Grafis: NVIDIA GeForce
  • Konektivitas: WiFi, USB Standar, Micro HDMI, Micro USB

Kelebihan Acer Iconia A500

Kelebihan Acer Iconia A500 yang paling mencolok dan yang membuat saya memutuskan untuk membeli tablet ini adalah adanya port USB standar yang memungkinkan saya untuk mencolokkan flashdisk ke tablet ini. Dengan demikian saya bisa dengan mudah mentransfer file dari Iconia A500 ke laptop atau sebaliknya tanpa menggunakan kabel ataupun converter tambahan.  Tablet Iconia A500 ini juga dilengkapi port microSD yang menjadi media penyimpanan kedua yang berkapasitas sampai 64Gb. Saat ini saya menggunakan microSD untuk menyimpan file-file lagu dan film sehingga tidak menghabiskan kapasitas penyimpanan internal tablet ini. Tablet Acer Iconia A500 ini juga dilengkapi dengan kamera 5MP bagian belakang dengan LED Flash. Jadi dapat digunakan untuk mengambil gambar saat gelap. Kabarnya Perusahaan Acer telah menyediakan Update Android 4 Ice Cream Sandwich untuk Iconia A500 yang akan membuat tablet ini semakin canggih dengan performa yang semakin baik. Dari segi harga, tablet ini tergolong tablet murah jika dibandingkan dengan tablet lain seperti Samsung Galaxy tab, Ipad, Asus Transformer, yg memiliki spesifikasi serupa.

Kekurangan Tablet Acer Iconia A500

Dengan kelebihan yang dimiliki, tentu saja ada juga kekurangan yang dimiliki oleh tablet ini yaitu tablet ini tidak disertai port SIM card atau tidak ada fasilitas 3G. Sehingga saya hanya dapat menggunakan internet dengan tablet ini jika ada sinyal WiFi saja. Tapi saya rasa kekurangan ini tidak menjadi masalah sebab dikantor saya bekerja ada WiFi highspeed yang dapat saya gunakan dengan bebas dan juga saya memiliki handphone Samsung Wave yang dapat berfungsi sebagai mobile router yang dapat memancarkan sinyal WiFi di mana saja. Selain itu, Tablet ini memiliki berat yang cukup membuat tangan capek kalau megang tablet ini lama-lama. Tidak seringan tablet lain yang lebih tipis seperti Samsung Galaxy, Ipad dan lainnya.

Saya rasa demikian saja review yang dapat saya bagikan. Sebagai tambahan, kalau anda menginginkan tablet dengan Port USB Standar, microSD, dan sudah ada 3G, anda dapat mempertimbangakan untuk membeli adiknya Iconia A500 yaitu Iconia A501 dengan harga beda sekitar 1 juta.

2 komentar:

  1. emangx tidak bisa maen game poker online cuma partu hp yah mas????..saya target mw ambl acer tpi yg bisa maen game online lwat kartu hp soalx dirumahku blum ada wifi!! jawabanx saya tunggu secepatnya di emailku : moses.lagi@yahoo.com. terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya sudah lama menantikan kehadiran Acer Iconia. Kini Acer benar- benar mengeluaran Tablet PC canggih. Lihat ulasannya disini Iconia PC tablet dengan Windows 8

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda. Kami mohon maaf apabila kami tidak segera membalas komentar anda karena kami mengelola beberapa blog dan tentu saja memerlukan banyak waktu untuk membaca dan membalas semua komentar. Thx